Wisata

Pengembangan Kawasan, Mandalika Dapat Kucuran Rp1,7 Triliun

 Sabtu, 27 Agustus 2022, 17:09 WITA

beritalombok.com

IKUTI BERITALOMBOK.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritalombok.com, Lombok Tengah. 

Untuk pengembangan kawasan, Destinasi Super Prioritas (DSP) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal mendapat kucuran dana Rp1,7 triliun.

Menurut Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah, alokasi anggaran Rp1,7 triliun itu telah ditetapkan dalam rapat percepatan lima DSP nasional di Kemenko Kemaritiman dan Investasi. Untuk diketahui, pemerintah menetapkan Mandalika, Labuan Bajo, Likupang, Borobudur, dan Danau Toba sebagai DSP.

"Sesuai arahan Pak Jokowi, lima DSP ini harus tuntas paling lambat 2024," ujarnya seperti dikutip Antara di Kota Mataram, Jumat (26/8/2022).

Dikatakannya, kebutuhan tersebut, antara lain pengembangan konektivitas dan aksebilitas, seperti jalan, jembatan, bandara dan pelabuhan dan lain-lain.

Selain itu juga, amenitas seperti dukungan desa desa wisata, atraksi dan lain-lain. Kemudian untuk sarana pendukung seperti masalah sampah, rumah sakit dan lain-lain.

"Itu hasil rapatnya. Dan diputuskan oleh pemerintah untuk menambah anggaran untuk lima DSP sebesar Rp18,9 triliun. Dari jumlah itu, untuk NTB dialokasikan Rp1,7 triliun," katanya.

Masih menurutnya, Pemprov NTB telah mengusulkan kepada pemerintah untuk pengembangan DSP Mandalika sebesar Rp2 triliun.

Asumsinya, terdapat daerah penyangga Mandalika, seperti Kabupaten Lombok Timur, Lombok Barat, Lombok Utara, Kota Mataram, dan Sumbawa. Namun, hasil keputusan rapat anggaran tersebut diperuntukkan terlebih dahulu untuk Kabupaten Lombok Tengah sehingga final anggarannya Rp1,7 triliun.


Halaman :





TERPOPULER


Hasil Polling Calon Gubernur NTB 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022