Wisata

Wisata Religi di Pemandian Air Suci Pura Suranadi Lombok

 Jumat, 02 September 2022, 10:42 WITA

beritalombok.com

IKUTI BERITALOMBOK.COM LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Beritalombok.com, Lombok Barat. 

Pura Suranadi berlokasi di Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Menurut cerita masyarakat setempat, Pura Suranadi terkait dengan perjalanan Danghyang Dwijendra yang dikenal pula dengan nama Pedanda Sakti Wawu Rauh. Di Lombok, beliau dijuluki sebagai Pangeran Sangupati.

Jro Mangku I Made Putra dan Jro I Wayan Sadis selaku Pemangku Pura Suranadi menerangkan, ada 15 Banjar menjadi pangempon pura ini. Yang secara bersama-sama melaksanakan dan nyungsung tatkala piodalan Pura Suranadi digelar. Yakni pada Purnamaning Kelima di bulan Oktober.

"15 Banjar pangempon pura ini bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan, dan kelestarian pura Suranadi," jelas Jro Mangku I Made Putra, ditemui BeritaBali.Com, pekan lalu.

Keberadaan Pura Suranadi kata Jro Mangku I Made Putra, sudah ada sejak abad ke 13. Jauh sebelum kerajaan Karangasem masuk (ekspansi) ke Lombok.

"Sebelum kerajaan Karangasem masuk, Pura Suranadi ini sudah ada. Saat perjalanan Danghyang Dwijendra atau Dhangyang Nirarta  abad ke 13," terang Jro Mangku I Made Putra.

Guna menjaga agar umat Hindu yang ditinggalkan di Lombok bisa melakukan upacara, Dhangyang Dwijendra  dengan puja manteranya memunculkan Pancatirtha (lima macam tirtha) di Suranadi.

Baca juga:
Bali">'One Gate System', Wisatawan Tak Bisa Langsung ke Gili dari Bali

"Terdapat tiga kelompok pura, yaitu Pura Ulon/Gaduh, Pura Pengentas, Pura Pabersihan," terang Jro Mangku Wayan Sadis, menambahkan.

Dijelaskan, tiap-tiap pura memiliki zona jaba sisi, jaba tengah, dan jeroan sesuai konsep Tri Mandala


Halaman :





TERPOPULER


Hasil Polling Calon Gubernur NTB 2024

Polling Dimulai per 1 September 2022